Skip Over Navigation Links

Objek Wisata di Belitung Timur

by: Joko Gunawan | Diterbitkan tanggal 17 Juni 2015

Apa sih objek wisata yang ada di Belitung Timur? Ketika orang-orang tau tentang Belitung, pasti mereka langsung mengarah ke Pantai yang ada di film Laskar Pelangi, yaitu pantai Tanjung Tinggi. Memang tidak bisa dipungkiri pantai tersebut cantiknya luar biasa. Nah perlu diingat pantai tersebut adanya di Belitung barat, bukan di Belitung Timur. Namun kalau teman-teman mau ke Belitung, puterin seluruh Belitung itu justru sangat menyenangkan.

Terus apa yang ada di Belitung Timur? Sebenarnya objek wisata di Belitung Timur itu tidak kalah menariknya. Karena Belitung ini dikelilingi oleh lautan, tidak salah kalau banyak pantai-pantai yang sangat bagus untuk bersantai. Apalagi kalau berkunjung bersama orang kesayangan. Kita mulai dari objek wisata pantai, perlu teman-teman ketahui, semua pantai yang ada di Belitung ini masih alami, pasir yang putih dan dihiasi batu-batu granit yang besar dan tersusun rapi. Siapa yang menyusunnya? Saya juga sampai sekarang masih penasaran.
a. Pantai Nyiur Melambai; terletak di desa Lalang, Kecamatan Manggar dan berjarak 90 km dari bandara Hanandjoedin. Garis pantai yang panjang membuat pengunjung leluasa melepas pandangan ke segala penjuru. Beberapa pohon pinus dan banyak pohon kelapa sepanjang pantai membuat indah pantai ini.
b. Pantai Serdang; atau disingkat Panser oleh penduduk setempat, terletak di tengah kota Manggar dan dekat dengan pasar modern Lipat Kajang. Dari bandara jaraknya 80,5 km. Dengan karakteristik pantai yang panjang berpasir putih lembut dan warna air laut yang beragam, mulai dari hijau muda sampai biru tua, membuat pantai ini sangat indah. Ditambah lagi dengan adanya pohon pinus di sepanjang pantai yang membuat pantai ini teduh. Dengan adanya warung-warung yang menjual makanan dan minuman khas daerah dan juga pantai landai yang baik untuk berenang dan snorkeling membuat destinasi wisata ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Kegiatan memancing juga dapat dilakukan karena pantai ini terletak dekat dengan muara yang mengarah ke sebuah danau.
c. Pantai Burong Mandi; terletak di balik sebuah bukit di kecamatan Damar dan 77 km dari bandara. Di sepanjang pantai terdapat berbagai jenis pohon-pohon sehingga pantai ini teduh. Pengunjung juga dapat melihat jajaran perahu nelayan tradisional diparkir di pinggir pantai. Bagi keluarga yang ingin rekreasi, sudah tersedia arena bermain anak dan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman khas daerah.
d. Bukit Batu; Destinasi yang terletak di Kecamatan Damar ini berjarak 70 km dari bandara Hanandjoeddin. Teman-teman dapat menikmati pantai dengan batu-batuan alam besar dan kecil yang tersebar indah di sekitar pantai ini. Karena terletak di daerah perbukitan, untuk mencapai lokasi ini teman-teman harus melewati sebuah bukit. Pengunjung harus membayar uang masuk untuk menikmati tempat wisata ini sebab lokasi ini dimiliki oleh pihak swasta. Pantai ini unik karena tidak punya pantai berpasir yang lebar tapi letaknya berdampingan dengan bukit. Terdapat anak tangga sepanjang sisi bukit yang bisa dilewati teman-teman.

Selain pantai, teman-teman pun bisa mengunjungi keindahan danau, bagi teman-teman yang tinggal di perkotaan tentu akan sangat sulit menemukan hal seperti ini
Danau Mempayak; Danau ini terbentuk karena adanya penambangan timah puluhan tahun yang lalu. Letaknya 72 km dari bandara Hanandjoeddin, di desa Mempaya Kecamatan Damar. Lokasinya sangat strategis karena berada di jalur utama Manggar dan Tanjung Pandan. Secara karakteristik danau ini unik karena airnya yang jernih. Di area sekitar danau terdapat warung makan dan tempat bersantai. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau sambil duduk santai dan menikmati kuliner yang ditawarkan

Nah kita udah tau tentang pantai dan danau yang indah di Belitung Timur. Terus apalagi kalau misalnya kita tidak ingin ke pantai dan danau? Ada satu lagi yang menarik disini. Apakah teman-teman masih ingat dengan Andrea Hirata? seorang penulis/novelis terkenal dengan tulisan-tulisannya yang menginspirasi hingga dibuatkan film yang sampai sekarang melekat di dunia nasional dan Internasional, yaitu Laskar Pelangi. Dari buku dan filmnya beliau ini semua orang tau tentang Belitung, sungguh pencapaian luar biasa sekaligus promosi besar-besaran. Disisi lain beliau juga membuat Museum Kata yang dulunya adalah rumah tinggal beliau sendiri yang terletak di Desa Selinsing, Kecamatan Gantung. Musium ini berupa bangunan rumah tinggal tradisional. Ketika masuk ke dalam rumah ini, teman-teman akan disuguh dengan banyak kata-kata dan gambar-gambar. Suasana di dalam museum ini sangat menenangkan dan membuat pengunjung terinspirasi.Dengan kata lain, Mari kesini kalau kurang inspirasi!!

Selain itu, ada lagi objek wisata yang bisa teman kunjungi yaitu Kuil Dewi Kwan Im. Ini adalah tempat ibadah umat Budha yang sudah berdiri selama kurang lebih 300 (tiga ratus tahun) lamanya. Berjarak 58,5 km dari bandara Hanandjoeddin, vihara ini terletak di daerah perbukitan di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar. Bangunan ini dibangun mengikuti kontur tanah yang ada sehingga akan ditemukan batu besar di dalam vihara ini. Untuk mencapai ruang utama, yaitu ruang ibadah, pengunjung harus menaiki sebanyak 83 anak tangga. Di dalam area ibadah ini terdapat semua benda-benda yang digunakan untuk beribadah, termasuk patung Buddha yang terletak di altar dan lukisan Dewi Kwan Im. Kwan Im adalah dewi tertinggi dalam kepercayaan Budha. Mereka juga dapat memenuhi rasa keingintahuan tentang bagaimana masa depan mereka nantinya. Dari teras atas, pengunjung dapat menikmati pemandangan menakjubkan yang mengarah ke laut yaitu pantai Burung Mandi.

Nah sudah tidak penasaran lagi kan. Kegiatan selanjutnya yaitu menunggu teman-teman berkunjung ke Belitung Timur

Educating, Empowering, and Protecting

Social Media Links