Skip Over Navigation Links

Mengenal Pejabat Bupati Belitung Timur

by: Joko Gunawan | Diterbitkan tanggal 17 Juni 2015

Tak kenal maka tak sayang. Begitulah kata-kata orang memulai perkenalannya. Tapi apa betul ketika udah kenal, maka akan timbul rasa sayang. Perlu diteliti sepertinya.
Dikesempatan ini saya ingin sekali mengajak teman-teman untuk sejenak melihat sekilas pejabat bupati belitung timur.
Yang pertama adalah Bapak Asri Matsum, S.Sos yang dilantik oleh Gubernur atas nama Mendagri di Pangkalpinang pada tanggal 24 Mei 2003. Pejabat Bupati pertama ini meletakkan dasar-dasar Pemerintahan di daerah pemekaran ini hingga tanggal 6 januari 2005. Dengan alasan politis untuk mengikuti Pilkada I Belitung Timur, maka Asri Matsum, S.Sos melepaskan jabatannya dan digantikan oleh Drs. H. Usman Saleh, MM sebagai Pejabat Bupati kedua di belitung Timur.

Kemudian yang kedua yaitu Bapak Drs. H. Usman Saleh, MM melaksanakan tugasnya hingga tanggal 3 Agustus 2005.

Yang Ketiga yaitu Bapak Ir. Basuki Tjahaja Pusnama, MM sebagai Bupati Belitung Timur. Bapak kita ini lebih dikenal masyarakat dengan nama kecil Ahok adalah putra kelahiran daerah setempat, berdomosili di Kecamatan Gantung, mendapat kepercayaan masyarakat memenangkan Pilkada yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2005. Ir Basuki merupakan tokoh muda dari etnik keturunan Tionghoa yang memang berasal dari keluarga yang dekat dan berbaur dengan masyarakat. Baik dirinya maupun orang tuanya (Pak Kim Nam) yang sudah wafat. Selain tergolong mampu secara ekonomi, keluarga Kim Nam juga sangat memperhatikan pendidikan putra-putrinya. Tidak heran jika keluarga kandung Ir Basuki rata-rata meraih pendidikan pada jenjang S-1 dan S-2. Mereka juga sangat peduli terhadap kondisi sosial daerah dan kampung halamannya, sehingga seperti juga etnik keturunan lainnya di Belitung Timur, pembauran dan interaksi dengan masyarakat setempat berjalan dengan baik dan harmonis. Bahkan bahasa sehari-hari etnik keturunan juga diterima dan dipergunakan sebagian masyarakat, khususnya pergaulan di pasar lokal.

Saat ini, Pejabat Bupati Belitung Timur adalah Bapak dr. BASURI TJAHAJA PURNAMA, M.Gz, Sp Gk periode 2010-2015. Beliau merupakan adik kandung dari Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M.
Adapun Pengalaman Organisasi beliau meliputi:
1. Anggota IDI Belitung Timur ( 2001 s.d Sekarang )
Pengalaman Pekerjaan
1. Sales AUTO 2000 Jakarta ( 1994 to 1994 )
2. Kepala Puskes Mengkubang ( 1999 to 2001 )
3. dokter Puskesmas Manggar ( 2001 to 2003 )
4. dokter RSUD Beltim ( 2008 to 2008 )
5. Kasubbag Kepegawaian Beltim ( 2008 to 2009 )
6. Kepala Bidang Binkesmas & Promosi Kesehatan Dinkes Belitung Timur ( 2001 to 2010 )
7. Bupati Belitung Timur ( 2010 s.d Sekarang )

Penghargaan yang pernah diraih
1. Dokter teladan Peringkat petama untuk Tingkat Kabupaten Belitung Timur tahun 2001 atas prestasi yang diperolehnya, Tanjung Pandan, 12 November 2001 Dalam Rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke XXXVII tahun 2001 Kab.Belitung.
2. Dokter Teladan Peringkat Pertama sewaktu mengabdi sebagai PTT di Puskesmas Mengkubang Belitung

Nah dengan sekilas melihat gambaran pejabat Bupati Belitung Timur, mungkin ada timbul rasa sayang muncul karena kita udah mengenal para pejabat kita ini.

Educating, Empowering, and Protecting

Social Media Links