Skip Over Navigation Links

Sekilas Tentang Belitung Timur

by: Joko Gunawan | Diterbitkan tanggal 17 Juni 2015

Nah Belitung ini dibagi menjadi dua kabupaten yaitu kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Belitung Barat (biasa dipanggil Belitung saja). Konon katanya Belitung ini merupakan kepulauan yang mengalami beberapa pemerintahan raja-raja. Misalnya Kerajaan Badau dengan Datuk Mayang Geresik sebagai raja pertama di abad 15, Kemudian Kerajaan Balok yang Raja pertamanya berasal dari keturunan bangsawaan Jawa dari Kerajaan Mataram Islam bernama Kiai Agus Masud atau Kiai Agus Gedeh Ja'kub, yang bergelar Depati Cakraningrat I dan memerintah dari tahun 1618-1661. Terus ada lagi Kerajaan Belantu, yang merupakan bagian wilayah Ngabehi Kerajaan Balok. Rajanya yang pertama adalah Datuk Ahmad (1705-1741), yang bergelar Datuk Mempawah. Sedangkan rajanya yang terakhir bernama KA. Umar. Nah, kerajaan terakhir yaitu Kerajaan Buding, yang merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Balok. Rajanya bernama Datuk Kemiring Wali Raib.

Nah kembali ke Belitung Timur, Kabupaten Belitung Timur ini adalah kabupaten memiliki luas wilayah 17.967,94 kmē yang terdiri dari luas daratan 2.506,90 km2 dan luas wilayah laut 15.461,03 km2.

Kabupaten Belitung Timur dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 5 tahun 2003 dengan Manggar sebagai ibukota merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Belitung.Kabupaten Belitung timur ini teridir dari beberapa kecamatan yaitu Manggar, Gantung, Dendang, Simpang pesak, Simpang renggiang, Damar, dan Kelapa Kampit

Secara garis besar penggunaan lahan di wilayah Kabupaten Belitung Timur terdiri dari 8 jenis penggunaan lahan yaitu area pemukiman, hutan, area tambang, perkebunan, rawa, tegalan, belukar, dan zona militer.
Berdasarkan hasil sensus penduduk pada bulan Mei tahun 2010 Kabupaten Belitung Timur, jumlah penduduk Kabupaten Belitung Timur tahun 2010 adalah 106.432 jiwa, terdiri dari 55.361 laki dan 51.071 perempuan, komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin adalah 52% laki dan 48% perempuan.

Bagaimana cara ke Belitung Timur ini?
Cara terbaik ke Belitung adalah dengan pesawat. Ada beberapa penerbangan setiap hari dari Bandara Sukarno Hatta Jakarta langsung ke Tanjungpandan Belitung. Penerbangan memakan waktu sekitar 45 menit dengan harga tiket antara Rp 450.000 - Rp 750.000 sekali jalan, tergantung kelas tiket yang tersedia pada saat booking. Alternatif yang lain adalah penerbangan melalui Pangkal Pinang Bangka ke Tanjungpandan Belitung dengan harga tiket sekitar Rp 400.000.
Setelah sampai di Tanjungpandan, kemudian saudara naik mobil, biasanya banyak sekali agen perjalanan menuju Belitung Timur. Perjalan waktu sekitar 1-1,5 jam ke Kota Manggar.
Perlu diketahui bahwa tujuan penerbangan adalah Tanjungpandan (Tanjung Pandan) dan BUKAN Pangkal Pinang (Bangka) atau Tanjung Pinang (Bintan). Kejadian salah membeli tiket ini sudah sering dialami para pengunjung dan wisatawan yang ingin ke Belitung. Belitung dan Bangka ini beda pulau, begitu pula dengan Bintan di propinsi Kepulauan Riau.

Educating, Empowering, and Protecting

Social Media Links